11.16.2012

JUQUEEN Si Komputer Super

Saat ini, terdapat 500 komputer tercepat di dunia. Salah satunya adalah JUQUEEN yang menempati peringkat kelima super komputer Raksasa. Jülich ini kecepatannya setara dengan 100.000 desktop PC. Luar biasa bukan!

Gambar Super Komputer JUQUEEN


Prof. Thomas Lippert, Direktur Jülich Supercomputing Centre mengatakan bahwa komputer ini merupakan mesin yang dapat dipakai secara optimal oleh para ilmuwan dan merupakan komputer tercepat di Eropa. Pendahulu dari JUQUEEN adalah JUGENE 2009. JUGENE 2009 mampu melakukan satu triliun hitungan per detik sedangkan,  Juqueen mampu melakukan lima triliun hitungan per detik. Berdeda dari pendahulunya, JUQUEEN  mengikuti tren komputer yang  menuju ke arah alat yang lebih kecil dan lebih cepat. JUQUEEN memiliki bentuk  30 persen lebih kecil ketimbang JUGENE. Alasannya adalah prosesor yang lebih kecil dan efisiensi energi yang lebih baik.
Titik berat pada JUQUEEN adalah teknologi energi, prakiraan cuaca, perkembangan iklim dan cuaca, serta penelitian medis. Sehingga JUQUEEN diharapkan dapat membantu para dokter dan ilmuwan misalnya dalam memvisualisasikan penyakit otak. Terobosan-terobosan baru di bidang penelitian material juga dapat dihasilkan dengan JUQUEEN ini. Hal yang sama pula untuk bidang simulasi astronomi dan fisika partikel.
Para ilmuwan bisa meminjam supercomputer di Jülich untuk percobaan atau proyek penelitian mereka. Syaratnya adalah cuma harus mengajukan permohonan ilmiah dan harus mendapat persetujuan. Prosesnya memang agak rumit, namun  ilmuwan-ilmuwan yang akan menggunakannya tidak harus dikenai biaya apapun jika memakai JUQUEEN.
Supercomputer JUQUEEN memiliki kapasitas lima Petaflops (lima triliun hitungan per detik) tidak seperti tiga tahun yang lalu kapasitasnya masih satu Petaflop. Kedepan, Supercomputer JUQUEEN ini diharapkan dapat mencapai Sasaran 50 sampai 100 Petaflops dalam dua tahun. Di Amerika penelitian di bidang ini sudah sangat maju. Sampai akhir dekade ini, kapasitas sebuah supercomputer bahkan bisa mencapai 500 sampai 1000 Petaflops. Pada dasarnya peningkatan kapasitas bisa tercapai. Tapi yang harus dipahami adalah peningkatan kapasitas melalui komputasi paralel bukan sasaran yang tepat.

2 comments:

Please write your comments